SOCIAL MEDIA

Saturday, June 23, 2018

[Skin Care Regime] Exfoliating Toner

Holaa, post kali ini akan membahas Exfoliating Toner yang biasa dipakai. Awalnya memang maju mundur mau nambahin step ini tapi akhirnya beli juga pas ada yang buka PO di Instagram. Ngga tanggung-tanggung, Sis. Bungkus dua botol! heuheu.. *abis itu dompet tipis*
Lho kan udah ada Physical Exfoliant? Jadi Exfoliating Toner ini termasuk Chemical Exfoliant yang mengandung senyawa kimia atau enzim untuk mempercepat regenerasi kulit menjadi lebih segar dan terlihat lebih sehat. Kalau Physical Exfoliant bekerja di permukaan kulit, Chemical Exfoliant bisa menyerap ke bagian dalam kulit.


Chemical Exfoliant kan bisa bikin kulit terkelupas dan merah-merah seperti kepiting rebus? Kalau dilakukan di Klinik Kecantikan Kulit mungkin bisa begitu, tapi kan diawasi oleh Dokter SpKK. Exfoliating Toner kadarnya kecil dan bisa digunakan secara berkala.


Kalau lihat dari review teman-teman yang sudah menggunakan exfoliating toner sih katanya agak tricky cara pakainya, ada yang kulitnya malah jadi menggelap, ada yang jadi beruntusan dan merah-merah.
Tenang, tarik nafas dalam-dalam, setiap orang kondisi kulitnya beda-beda. Bismillah aja..
Mungkin ini udah jadi kebiasaan karena niat dari tahun lalu mau ngurangin kuantitas skin care dan makeup supaya ngga mubazir, muka cuma satu pan..
Aku pakainya satu-satu dulu supaya ketauan kalau ngga cocok yang mana nih pelakunya. Setelah yakin dua-duanya cocok baru mulai digilir deh. Apalagi ada antrian Physical Exfoliant jadi makin rame deh..

Alpha-H Liquid Gold with Glycolic Acid
Yang ini masih kemasan lama, kemasan baru warna putih kayaknya. Botolnya ada dua tutup, pertama tutup cap dan kedua tutup tip-top. Entah kenapa ada dua begini tapi tutup cap agak susah dibukanya jadi kalau disimpan di laci meja rias selalu dibuka tutup capnya, pas mau foto baru dicari-cari tutup capnya untung ketemu.. haha..
Botolnya terbuat dari plastik dengan permukaan sehalus suede. Terasa mahal memang mengingatkan sama harganya.. uhukk.. Ukurannya lumayan handy jadi ini paling sering dibawa pas travelling.
Indgredients : 
Aqua, Alcohol Denat, Glycolic Acid (5%), Glycerin, Hydrolyzed Silk, Potassium Hydroxide, Phenoxyethanol, Caprylyl Glycol, Glycyrrhiza Glabra Extract.

Teksturnya cair selayaknya toner, hampir ngga ada baunya dan tidak berwarna. Cara pakainya dituang ke kapas (mulai dari 5 tetes dulu lalu ditambah jumlahnya kalau dirasa kurang dan kulit sudah beradaptasi), lalu bisa diusap ke wajah atau ditepuk-tepuk kalau memang kulitnya sensitif banget dan ngga mau over-exfo. Hindari area mata dan mulut ya. Awal pemakaian terasa agak gatal dan cekit-cekit tapi cepat hilang. Menurut instruksi pemakaian kita sudah ngga perlu lagi pakai macem-macem setelah apply toner ini, langsung ditinggal tidur aja. Makin yakinlah ini toner okeh banget buat travelling.
Pagi harinya langsung pegang pipi. Haluuusss.. Perubahan yang pertama kali dirasakan yaitu tekstur kulit membaik. Hmm, lalu ngaca. Kulit ngga tambah kering apalagi terkelupas, fiuuhh baguslah. Langsung cuci muka, pakai FTE, serum dan moisturizer seperti biasa. Eiiitss, jangan lupa pakai sunblock! Walaupun di rumah doang kan sering terpapar matahari yang masuk dari jendela, sehabis menggunakan Exfoliating Toner di malam hari kulit menjadi lebih sensitif dan bahkan kulit bisa jadi menggelap karena terpapar sinar matahari.
Alpha-H Liquid Gold adalah exfoliating toner yang efeknya paling cepat terasa dan paling cocok di kulitku. Kulit jadi smooth, supple, dan glowy. Biasanya toner ini dipakai satu atau dua minggu sekali, dirotate sama PIXI Glow Tonic dan Physical Exfoliant.

PIXI skintreats Glow Tonic
Aku suka sama perpaduan warnanya. Botolnya juga bening jadi kelihatan tinggal seberapa banyak isinya (..dan kapan harus beli lagi.. huhu) Tutupnya bentuk ulir yang diputar. Biasanya suka baca keluhan IG Seller yang buka PO PIXI Glow Tonic banyak botol yang bocor pas pengiriman, jadi ngga pernah bawa travelling deh.
Teksturnya cair, warnanya agak peach kalau dituang dalam jumlah yang cukup banyak tapi kalau sedikit hampir ngga ada warnanya, wanginya enaaakkk. Hmm, flowery gitu.. Menurut instruksi pemakaian bisa digunakan AM dan PM tapi aku selalu pakai di malam hari, ngga pernah coba pakai siang-siang. Itupun cuma satu atau dua kali seminggu, dirotate sama PIXI Glow Tonic dan Physical Exfoliant.
Cara pakainya dituang ke kapas (mulai dari 5 tetes dulu lalu ditambah jumlahnya kalau dirasa kurang dan kulit sudah beradaptasi), lalu bisa diusap ke wajah atau ditepuk-tepuk kalau memang kulitnya sensitif banget dan ngga mau over-exfo. Hindari area mata dan mulut ya. Pertama kali pakai PIXI Glow Tonic ngga ada rasa apa-apa, flat aja seperti pakai toner biasa. Jangan lupa pakai hydrating toner setelahnya, supaya kulit ngga kering. Kalau aku setelah pakai PIXI Glow Tonic didiamkan kurang lebih 15 menit lalu dilanjutkan dengan Hada Labo Gokujyun, serum dan moisturizer.
Pagi harinya tekstur kulit jadi lebih kasar dan mengelupas kecil di beberapa bagian. Tapi lama-lama setelah empat sampai lima kali pemakaian kelihatan hasilnya kulit jadi lebih cerah. Memang ngga secepat Alpha-H Liquid Gold walaupun kadar Glycolic Acidnya sama-sama 5%. Kalau glowy aku ngerasa PIXI ngga se-glowy Alpha-H. Aku punya darkspots di pipi, memang ngga hilang total tapi mulai memudar setelah rutin memakai exfoliating toner. Jangan lupa selalu pakai sunblock ya.

Kedua toner ini menurutku sudah cukup bagus jadi belum tertarik buat beli Exfoliating Toner dari High-End Brand. Kalau Exfoliating Toner favoritmu apa? Share ya di kolom komentar..

2 comments :

  1. kok aku jadi tertarik sama Alpha H itu ya, jadi mupeng. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii Rima Angel,
      Alpha H recommended menurutku. Aku mampir ah ke Blogmu, pengen liat skrg pake exfoliating toner apa ^^

      Delete