Categories

Tuesday, September 10, 2019

Knitting Needle Review : Addi Lace Click Short Tip, Hiya Hiya Sharp Steel, ChiaoGoo Twist

Assalamu'alaikum..

Akhirnya bisa ngeBlog lagi setelah sekian lama absen ^o^ Kali ini saya mau share alat merajut atau Knitting Needles
Alat rajut yang akan saya bahas yaitu :
  • Addi Click Lace Short Tip Interchangeable Knitting Needles Set 3.5-inch Tip
  • Hiya Hiya Sharp Steel Premium Interchangeable Knitting Needles Small Set 4-inch Tip
  • ChiaoGoo Twist Interchangeable Knitting Needles Complete Set 4-inch Tip
  • ChiaoGoo Twist Interchangeable Knitting Needles Complete Set 5-inch Tip

[ Baca juga : Crochet Hooks ]

Untuk yang baru belajar knitting dan masih bingung mau beli alat knitting yang mana, baca sampai habis yaa..


Pertama-tama, saya akan jelaskan kenapa saya beli Interchangeable Needles padahal ada Circular Fix Needles dan Single Pointed Needle juga. Alasannya karena Interchangeable Needle bisa buat macam-macam project. Mulai dari topi, kaos kaki, sweater, sampai project besar seperti selimut. Circular Fix kan juga bisa? Bisa, tapi saya harus beli banyak variasi supaya cocok antara ukuran project dan ukuran benang. Kalau Interchangeable Needle kan bisa dilepas jarum dan kabelnya, jadi bisa bongkar pasang sesuai ukuran project dan benang. Single Pointed Needle bagaimana? Ngga praktis untuk dibawa kemana-mana dan sulit didapat.
Interchangeable Needles memang jadi pilihan saya ketika mau belajar knitting. Waktu itu saya tanya-tanya ke Mba Amelia tentang knitting needles dan direkomendasikanlah brand Addi yang berasal dari Jerman. Addi Click Lace menjadi knitting needles pertama saya.

Addi Click Lace Short Tip Interchangeable Knitting Needles Set 3.5-inch Tip

Saya beli Addi dulu di akhir tahun 2015 harganya 1,8jt. Mungkin sekarang harganya 2jt keatas ya. Kesan pertama sewaktu Addi sampai ke tangan saya : Luxurious! 
Tempatnya seperti clutch dengan bahan faux leather di bagian luar dan suede di bagian dalam. Betah berlama-lama lihat packagingnya, bagus juga buat properti foto walaupun hanya foto cast-on ;p

Jarumnya berlapis nickel jadi benang bisa meluncur dengan mulus. Memang ini jarum saya yang paling buttery smooth diantara semuanya.

Cord atau kabelnya terbuat dari nylon (sama dengan Hiya Hiya tapi Addi lebih tipis dan lentur). Ketika sudah mulai merajut, lama-lama cordnya akan lurus karena menahan berat dari project yang dikerjakan.

Kelengkapan Addi Click Lace Short Tip Interchangeable Knitting Needles (sumber dari Amazon.com) :
The addi Lace Click system provides 8 different sizes of addi Lace tips (3.5mm, 3.75mm, 4.0mm, 4.5mm, 5.0mm, 5.5mm, 6.0mm, 8.0mm)
Five different lengths of our red cords (16", 20", 24”, 32” and 40”) and one connector piece which helps to either store stitches or combine your cords.
The tips will remain secure until you change them, thanks to the Click’s revolutionary locking mechanism. The addi Click tips are nickel plated. Our nickel plating process is electro-static, which produces a smooth, rounded edge, where the tip and the cord "click" together.

Jarum 3.75mm tidak ada dalam set jadi saya membelinya terpisah.

Hiya Hiya Sharp Steel Premium Interchangeable Knitting Needles Small Set 4-inch Tip

Ini knitting needle yang terakhir saya beli karena penasaran tip atau ujung jarumnya yang tajam dan tekstur jarum yang lebih smooth dari ChiaoGoo. Ternyata betul! Ini jarum favorit saya untuk project sweater karena cordnya lentur dan jarumnya smooth jadi benang meluncur dengan halus saat membuat stockinette stitch. Ujung jarum yang tajam harus hati-hati bagi yang mempunyai kebiasaan mendorong ujung jarum dengan jari karena dapat menyakiti jari. Ujung jarum yang tajam juga mempunyai kemungkinan lebih besar untuk menusuk di tengah-tengah pilinan benang atau split-yarn.
Saya membeli Knitting Needle Small Set ini di tahun 2017 seharga 1,8jt. Memang saya akui Hiya Hiya Set harganya cukup mahal.

Perbandingan Hiya Hiya Tip 4-inch (atas) dan 5-inch (bawah)

Kelengkapan Hiya Hiya Sharp Steel Premium Interchangeable Knitting Needles Small Set 4-inch Tip (sumber dari HiyaHiya Europe) :
Sharp Interchangeable Tips (4-inch) 2.75mm, 3.00mm, 3.25mm, 3.50mm, 3.75mm, 4.00mm, 4.50mm, 5.00mm
Small Interchangeable Cable 16”, 24”, 32”, 40”
Needle Grips, Interchangeable Needle Case or Circular Needle Case.

Saya pilih yang Premium Small Set karena sudah termasuk jarum 3.00mm.


 Cara memasang jarum dan cord dengan menggunakan T-Pin dan Needle Grip :
Semua knitting needles set dari Hiya Hiya sudah termasuk Needle Grips jadi tidak perlu beli lagi. Jarum Hiya Hiya memang kencang sekali dan cordnya swivel alias bisa berputar jadi ngga khawatir jarum dan cordnya lepas saat mengerjakan project.

ChiaoGoo Twist Interchangeable Knitting Needles Complete Set 4-inch and 5-inch Tip

Sebenarnya kalau harus memilih salah satu saja saya akan pilih 5-inch. Cord ChiaoGoo yang kaku memang lebih cocok untuk project shawl dan selimut atau project berukuran besar. Bagi yang senang membuat shawl lace, nah ini cocok banget. Apalagi Complete Set harganya sekitar 2,2jt jadi paling ekonomis diantara yang knitting needle lainnya. Tekstur jarumnya yang tidak licin menjadikan ChiaoGoo pilihan yang bagus untuk pemula.

Perbandingan ChiaoGoo Tip 4-inch (atas) dan 5-inch (bawah)


Kelengkapan Chiaogoo Twist Interchangeable Knitting Needles Complete Set berbeda antara 4-inch dan 5-inch, yaitu :

4-inch Tip (sumber dari NatassiaCraft)
Contains a case, 13 needle tips in US 2 (2.75mm), US 3 (3.25mm), US 4 (3.55mm) , US 5 (3.75mm), US 6 (4mm), US 7 (4.5mm), US 8 (5mm), US 9 (5.5mm), US 10 (6mm), US 10.5 (6.5mm), US 11 (8mm), US 13 (9mm), and US 15 (10mm).
Each needle tip measures 4" (10mm). Two sets of cords, one set for the needles with the S screws, and one set for those with L screws. Three cords, one each measuring 'approximately' 35cm, 55cm, and 75cm. Two S and L end caps, one S and L cord connector for making even longer cords, two cord keys, a ruler/needle sizer, and a collection of stitch markers.

5-inch Tip (sumber dari NatassiaCraft)
Contains a case, 13 needle tips in US 2 (2.75mm), US 3 (3.25mm), US 4 (3.55mm) , US 5 (3.75mm), US 6 (4mm), US 7 (4.5mm), US 8 (5mm), US 9 (5.5mm), US 10 (6mm), US 10.5 (6.5mm), US 11 (8mm), US 13 (9mm), and US 15 (10mm).
Each needle tip measures 5" (13mm). Two sets of cords, one set for the needles with the S screws, and one set for those with L screws. Three cords, one each measuring 'approximately' 24 in (60 cm), 32 in (80 cm) and 40 in (100 cm) circulars. Two S and L end caps, one S and L cord connector for making even longer cords, two cord keys, a ruler/needle sizer, and a collection of stitch markers.

Keduanya tidak memiliki jarum ukuran 3.00mm jadi saya membelinya terpisah.

Perbandingan Jarum

Dari kiri ke kanan : 
Addi Short Tip, Hiya Hiya 4-inch, ChiaoGoo 4-inch, Hiya Hiya 5-inch, dan ChiaoGoo 5-inch

Bisa dilihat foto di atas walaupun Hiya Hiya dan ChiaoGoo berukuran sama-sama 4-inch tapi jarum Hiya Hiya lebih pendek dari ChiaoGoo, begitu juga dengan ukuran 5-inch. Tapi ketika dipasang dengan cordnya akan menjadi hampir sama panjang karena cord Hiya Hiya memiliki bagian stainless yang lebih panjang dari ChiaoGoo.

Jarum yang ujungnya paling runcing adalah Hiya Hiya, kemudian ChiaoGoo dan yang terakhir Addi. Bagian ujung meruncing (tapered) yang paling panjang adalah Addi, kemudian ChiaoGoo dan yang terakhir Hiya Hiya. Tapered ini sangat membantu saat membuat project lace dengan stitch k5tog bahkan k7tog, maka dari itu saya sangat menyarankan ChiaoGoo untuk lace knitter. Walaupun Addi lebih tapered tapi ujungnya lebih tumpul dari ChiaoGoo jadi kurang nyaman untuk stitch seperti k5tog bahkan k7tog.

Perbandingan sambungan jarum dengan cord


Bisa dilihat pada foto di atas ada bulatan merah menandakan di bagian sambungan Addi Click ada perbedaan ketebalan antara cord dan jarum, di bagian itulan benang sering tersangkut. Walaupun tidak merusak benang tapi cukup mengganggu saat merajut. Sambungan yang paling smooth adalah ChiaoGoo lalu kemudian Hiya Hiya.

Kesimpulan

Addi Click Lace jarumnya sangat pendek hanya 3.5-inch teksturnya buttery smooth dan sambungan cord yang aman dan tidak mudah lepas ("click" system), cocok untuk project sweater, beanie atau topi (dewasa hingga newborn baby!), selimut. Tapi sambungan jarum dan cordnya ada perbedaan ketebalan sehingga kurang cocok untuk benang di bawah DK weight karena benang akan mudah tersangkut.

Hiya Hiya Sharp Steel jarumnya sangat runcing dan teksturnya cukup smooth. Sambungan jarum dengan cord juga mulus jadi cocok untuk semua project. Tip 4-inch bisa digunakan untuk membuat project kecil mulai dari topi hingga baby sweater, sedangkan tip 5-inch untuk membuat project yang lebih besar. Tip 5-inch bisa ngga untuk membuat topi? Bisa tapi harus menggunakan magic-loop method. Bagi yang mempunyai kebiasaan mendorong ujung jarum dengan jari sebaiknya berhati-hati karena ujung jarum Hiya Hiya runcing jadi bisa menyakiti jari.

ChiaoGoo Twist jarumnya cukup runcing dan teksturnya tidak licin sehingga cocok juga untuk pemula. Sama dengan Hiya Hiya, sambungan jarum dengan cord juga mulus jadi cocok untuk semua project. Tip 4-inch bisa digunakan untuk membuat project kecil mulai dari topi hingga baby sweater, sedangkan tip 5-inch untuk membuat project yang lebih besar. Tip 5-inch bisa ngga untuk membuat topi? Bisa tapi harus menggunakan magic-loop method.

Buat pemula yang baru mau beli Knitting Needle Set untuk pertama kali saya selalu sarankan membeli ChiaoGoo Twist Complete Set 4-inch karena bisa untuk membuat project kecil seperti topi  bayi sampai project besar seperti sweater ukuran dewasa. Hiya Hiya Sharp Steel Set 4-inch juga bisa tapi harganya lebih mahal dari ChiaoGoo. Bagi yang suka merajut dengan teknik magic-loop saya sangat menyarankan Hiya Hiya Sharp Steel 4-inch.
Saat ini saya jarang sekali menggunakan Addi Click Short Tip karena jarumnya terlalu pendek untuk saya -padahal telapak tangan saya kecil- sehingga merajut sebentar saja sudah membuat tangan saya pegal. Ukuran jarum yang nyaman bagi saya adalah 5-inch. 4-inch sebenarnya sudah cukup nyaman tetapi 5-inch lebih nyaman lagi :) Kembali lagi ke masing-masing individu, yang cocok untuk saya belum tentu cocok bagi orang lain. Setidaknya review ini bisa memberikan gambaran bagi yang ingin membeli Knitting Needle Set.

Semoga review ini bisa membantu teman-teman yang ingin membeli atau menambah koleksi Knitting Needlesnya yaa. Kalau Knitting Needles favoritmu apa sih? Share yuk di kolom komentar...



No comments :

Post a Comment

Back to Top